Siapakah Para Backpacker itu?

Lantas siapakah para backpacker itu? Jujur saja, untuk memberi batasan
yang lengkap sangat sulit. Ketimbang berdebat hingga ke soal
filosofis, mengapa tidak ke yang lebih praktis dengan mengenali
ciri-cirinya?



Dari dinamika milis para backpacker itu dicirikan oleh hal-hal: suka jalan mandiri, baik sendirian ataupun dalam kelompok kecil;

Nasib sebuah kata tak jauh beda dari nasib makhluk hidup seumumnya. Ia bisa tumbuh, berkembang, meluas maknanya, menyempit, bahkan mati dan ditinggalkan pemakainya. Backpacking, dalam kaitan ini, termasuk kata yang meluas maknanya.

Dari batasan ‘bepergian dengan menggendong ransel’, backpacking kemudian mampu menjembatani dunia tamasya dan dunia petualangan. Selama ini dunia tamasya mengesankan citra mewah dan hura-hura. Sebaliknya dunia petualangan langsung diterjemahkan semata-mata mengandalkan fisik.

Yang pertama bermodal uang. Yang kedua titik beratnya di waktu, karena untuk membentuk fisik prima diperlukan waktu untuk berlatih. Selain merangkul keduanya, backpacking pun bisa berupa wisata budaya atau wisata kuliner. Tentunya dalam batas yang terjangkau kantong backpackers.

Lantas siapakah para backpacker itu? Jujur saja, untuk memberi batasan yang lengkap sangat sulit. Ketimbang berdebat hingga ke soal filosofis, mengapa tidak ke yang lebih praktis dengan mengenali ciri-cirinya?

Dari dinamika milis para backpacker itu dicirikan oleh hal-hal: suka jalan mandiri, baik sendirian ataupun dalam kelompok kecil; menginap di hotel budget atau kelas melati, bahkan pasang tenda pun jadi; tak canggung makan di K5; peralatan mengacu ke kegunaan bukan ‘brand minded’; bisa beradaptasi dengan moda transportasi jenis apa pun;, punya bekal informasi sehingga rencana yang dibuat cukup matang. Singkatnya jalan ekonomis tanpa menyepelekan keselamatan dan kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>