Kota di Pulau Jawa yang memiliki kawasan kota tua

Malang juga ada kok… Sebenernya di Jawa hampir bisa dipastikan terdapat sudut kota tua di tiap daerahnya (mengingat dulu Belanda sangat kuat menancapkan pengaruhnya di pulau ini).

Yang terpenting, kota tua yang seperti apa yang dikau maksud? Kalau kota tua dengan arsitektur bergaya Eropa, ya pasti terdapat di kota-kota yang menjadi pusat administrasi atau daerah penting di antara daerah2 sekitar yang menjadi hinterland (penghasil tanaman produksi yg akan diekspor ke Eropa). Daerah-daerah itu bisa berupa kota-kota besar masa kini seperti Malang, Surabaya, Semarang, Jakarta, dll (jujur nggak tahu banyak).

Tapi kalau kota tua yang dimaksud adalah kawasan yang arsitekturnya bergaya Tionghoa alias kawasan pecinan, bisa dipastikan di tiap sudut daerah pesisir ada. karena dulu kan mereka datang ke Indonesia melalui jalur laut. Mereka tinggal di kantong-kantong pantai, baru kemudianmenyebar ke daratan yang lebih ke dalam. Seperti Rembang, Lasem, banyak lah pokoknya. Begitu juga dengan etnis Arab (karena oleh Belanda dulu 2 etnis ini selalu dikelompokkan berdampingan, hingga disebut Oosterlingen–orang2 Timur Jauh). Tapi kalau etnis Arab pengaruh arsitekturny anggak terlalu banyak. Yang masih kental nuansanya sih di kawasan Ampel, Surabaya dan beberapa sudut di Pasuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>