Bangkok – Chiang Mai by train or bus

....Written by:

Dear rekan IBP sekalian..

Adakah diantara rekan yang pernah coba Bangkok – Chiang Mai by train atau Bis… saat ini kami butuh saran dan petunjuknya

kami rencananya traveling selama 4 hari-4 malem… apakah waktunya cukup kalo mau sampai desa Baan Tong Luang (Tempat suku karen – wanita ber leher panjang). tapi pakai train atau bus pastinya 🙂

Mohon pencerahannya yaa rekan2 IBP yang baik hati

 Terima Kasih meta

[Non-text portions of this message have been removed]

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments

  1. Amir Faisal says:

    Kalo jadwal kereta bisa diliat disini : http://www.railway.co.th. Ada yg berangkat pagi nyampe malem atw berangkat sore/malem nyampe besok pagi.

    Amir Faisal

    2012/3/1 meta riani

    [Non-text portions of this message have been removed]

  2. Teresa Savitri says:

    Hello Meta,

    Saya pernah naik kereta dari Bangkok – Chiang Mai. Sebetulnya sih tidak niat naik kereta tapi karena salah booking tanggal flight jadi cari alternatif murah.

    Tergantung jadwal kalian 4 hari 4 malam itu target nya apa aja (apakah termasuk explore BKK juga?), perjalanan pake train makan waktu banyak loh. Waktu itu train saya delay…jam 10 malam baru start jalan dari BKK, padahal udah dari jam 5 sore standby di train station, sampe Chiang Mai jam 12 siang besok hari-nya. meleset dari plan. Di train tidak bisa mandi, jadi setelah seharian lengket jalan di BKK, saya cuman survival mode lap-lap badan aja.

    Kalo waktu nya lebih banyak, its pretty interesting sebagai pengalaman aja, tapi saya kalo disuruh ngulang sih ogah 😀

    Kalo jadwal ketat dan pada hygienic freak genk trip nya, naik plane aja.

    Regards, TsV

    2012/3/1 meta riani

    [Non-text portions of this message have been removed]

  3. Nurbani Sophie says:

    Hi Meta,

    kami pernah naik kereta api sleeper Bkk-Chiang Mai, dan baliknya naik bis. Jadi 2 malam di kendaraan. Naik kereta lebih nyaman bisa tidur. Mungkin ada juga sleeper bus.

    Waktu itu teman-teman menyewa taxi satu harian dari pagi sampai sore lihat suku Karen sekalian ke Golden Triangle. Jadi bisa one day trip koq. Taxi2 gelap di pinggir sungai dekat Tha Phae gate itu bisa di charter. Oh iya, kalau berada di Chiang Mai pada hari Minggu jangan lupa ke Sunday market nya di dalam gate itu, barang hasil produksi suku gunung nya keren2 banget terutama kain2nya. Dan nikmati juga thai massage nya dibelakang gate itu, lumayan untuk memulihkan stamina.

    Salam, Sophie

  4. "Randy Wilmar" says:

    Dear Meta dan rekan2 IBPers,

    Sebisa mungkin menghindari mengambil bus dari daerah Khao San Road. Setelah saya sempat tinggal di Thailand dan banyak mendapat insight dari orang-orang lokal, mereka mengatakan bahwa hampir semua bus yang berangkat dari Khao San Road tidak aman.

    Hampir selalu terjadi kasus kehilangan barang bawaan penumpang dalam setiap perjalanannya. Walaupuin saya juga pernah naik bus dari Khao San dan tidak terjadi apa2, tapi sebisa mungkin dihindari.

    Selain itu seperti apa yang Pak Boby tulis, mereka seringkali menurunkan penumpang di tempat2 tidak resmi.

    Seperti bila ke arah Chiang Mai, akan diturunkan di pom bensin di luar kota tua Chiang Mai dan dipaksa untuk naik songthew (sejenis angkot berwarna merah), supir2 songthew ini nantinya tidak akan langsung mengantarkan anda ke tempat tujuan. Tapi anda akan diantarkan ke guesthouse2 yang sudah menawarkan komisi ke para supir.

    Jauh lebih baik naik bus dari terminal resmi, bila ingin ke Chiang Mai naiklah dari Northern Bangkok Bus Terminal (Mo Chit). Biarpun sedikit lebih mahal, bus2 pemerintah ini lebih aman dan reliable.

    Happy Traveling, Randy