[indobackpacker] [ask] Perpanjang paspor dan masa berlaku

....Written by:

Numpang sharing,

Saya pernah mengalami paspor kurang dari 6 bulan, tapi waktu itu tujuannya adalah Singapura.

Sempat ditanyakan dan diingatkan oleh petugas Imigrasi yang bertugas di SHIA mengenai masa berlaku yang kurang dari 6 bulan. Alhamdulillah waktu itu diloloskan untuk berangkat hanya pada halaman paspor cap keberangkatan diberi catatan ‘atas permintaan ybs’.

Dengar-dengar selain petugas Imigrasi pihak counter check in katanya suka menolak jika masa berlaku paspor kurang dari 6 bulan. Tapi informasi lainnya kalau tujuan Asia masih diperbolehkan…..daripada gambling lebih aman memang diperpanjang dengan segera.

Ardi

Sent from Yahoo! Mail on Android

[Non-text portions of this message have been removed]

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments

  1. "Dessy" says:

    yg saya tahu juga batas 6 bulannya itu dari tanggal keberangkatan. kalo udah brkt, pulangnya mah gak dipermasalahkan masa berlaku paspor nya.

    Saya pernah lihat kejadian di bandara soekarno hatta, suami-istri mau ke thailand naek AA, si suami sih paspornya OK, tapi si istri paspornya masa berlakunya tinggal 3 bulan lagi. Tetep gak dikasih check in tuh, walaupun si suami bersikeras krn toh brktnya bareng2 dengan dia. Sampe ngotot2an, sampe akhirnya waktu boardingnya udah terlewat dan akhirnya mereka ga jadi berangkat. Dann….. AA gak memberikan penggantian sepeserpun. Aku tau krn aku ikutin trus perdebatan mereka dengan petugasnya AA. Sampe petugasnya AA panggil orang imigrasi segala, tetep aja mereka gak boleh brkt.

    Berarti mas Ardi memang beruntung, btw ada yg bilang klo ke singapore cukup masa berlaku lebih dari 3 bulan, bukan 6 bulan.

    Regards, Dessy

  2. "Sofiani Dwi Putri" says:

    Ingin sharing pengalaman saya

    Thn lalu sewaktu travel ke Paris via Kuala Lumpur, saya ditolak di check in imigrasi Soetta krn umur paspor krg dr 6 bln. Tp krn sy bersikeras, petugas menulis “acc ybs” di paspor sy sembari mengingatkan kemungkinan besar sy akan dideportasi dr KL.

    Setiba di KL ternyata tdk ada hambatan di imigrasi. Dan sewaktu check in counter di bandara KL utk keberangkatan ke Orly Paris, petugas AA meminta tiket pulang sy dr Paris ke KL-Jkt dan menulis persetujuan keberangkatan sy dg catatan sy segera mengurus perpanjangan paspor sy setiba di tanah air. Pertimbangan petugas AA adalah krn sy sdh memegang visa schengen Eropa.

    Tiba di Orly pun Alhamdulillah tdk ada masalah, begitupun juga dg perjalanan ke destinasi selanjutnya dg maskapai lain Ryan Air.

    Cheers Sofi