[ask] situasi pulau mentawai

tidak cukup waktu 3 hari untuk datang ke pulau sikuai dan mentawai. karena transportasi ke mentawai sangat terbatas. minimal butuh waktu cuti seminggu tuk bisa ke mentawai. kalo mau ke mentawai, tentukan dulu mau ke pulau mana, sipora, sikakap, siberut? karena jadwal kapal yg berbeda2. sy berikan informasi tranportasi ke pulau sipora ( nama kecamatannya tuapejat):

1). Kapal ambu-ambu (jenis roro), dari padang (pelabuhan bungus) setiap hari minggu sore (berangkat jam 8 malam, sampe tuapejat sekitar jam 6 pagi kalo lancar, lamanya perjalanan tergantung gelombang) kapal bisa berangkat bisa lebih cepat dr jadwal, tergantung cuaca..paling aman sore sudah harus sampe bungus). harga tiket sekitar:

- 75 ribu kelas ekonomi (lebih aman siapkan alas tidur ato sewa matras sama ABK sekitar 35rb. sewa matras juga rebutan, jd harus nelp dan pesan ke ABK kapal ambu2 langsung spy bisa dapat)

- Kelas VIP ambu2 sekitar 120an, ruang ber AC, tempat duduk lebih nyaman tp jumlah bangku sedikit, dan sebaiknya tetap pesan; matras, kecuali mau pegel duduk 10 jam (pesan jauh hari sebelumnya ke ABK kapalnya, karena rebutan. ini no ABK yang aq kenal: mas bayu: 081266881259/ mas irfan: 085375216516.

- sewa kamar ABK: ruang ber AC, kamar dgn jumlah tempat tidur 4 ato 2. ada tivi dan cd. harga tergantung ABK yg menyewakan, hitungannya perkamar, jd terserah mau diisi sampe berapa orang. saya pernah sewa kamar saat low season sekitar 900 rb tuk; kamar isi 4 bed dan 700rb tuk kamar isi 2 bed. tapi saat natal dan taon baru bisa sampe > 1 juta perkamarnya. pesannya silakan hubungi no ABK diatas.

2) kapal simasin (jenis kapal kayu), dari padang (pelabuhan muara) setiap rabu (tp bisa berubah sesuai waktu libur). jam keberangkatannya tergantung pasang surut, jd hubungi dulu ABKnya (ini ko hp kaptennya yg sy tau: pak yandri: 085263025196). harga tiket:

- ekonomi: 5ribu (murah bgt kan? ini kapal subsidi pemda, harga sdh termasuk asuransi jasa raharja). gak ada bangku, hanya lesehan saja, sebaiknya bawa alas tidur.

- Kamar : harga 100rb perorang, satu kamar ada 4 busa tempat tidur tanpa seprai dan bantal plus bonus gigitan kutu busuk (hehehe…bawa alas tidur sendiri).

- kamar ABK (recomended): harga 150rb perorang plus harga tiket 5rb. 1 kamar ada 4 bed, ada seprai, bantal dan kipas angin, colokan listrik….lumayan buat ngecas hp.

3. kapal sumber (jenis kapal kayu), dari padang (pelabuhan muara) setiap jumat. ada kelas ekonomi (lesehan), kamar (150rb). maaf sy gak pernah naik kapal ini dan gak punya no kontak personnya.

4. sewa boat harga sekitar 8jutaan (tergantung harga bbm).

5. pesawat (NBA ato susi air, tergantung siapa yg menang tender, karena ini subsidi pemda), pesawat kecil dgn kapasitas sekitar 10 orang. jadwal tidak jelas dan harus rutin ngecek tiap minggu, jadwal pernah seminggu 2 kali ato 3 kali. turun di airport rokot. trus naik boat sekitar sejam tuk sampe di tuapejat. terakhir bulan desemb2r lalu harga 285 rb (sdh termasuk boatnya). berat tas maksimal 10 kg. kelebihannya bayar 10 rb/kg (tapi ada batasannya juga, maklum pesawat kecil). terakhir penerbangan bulan desember. trus dari januari sampe sekarang belom ada penerbangan lagi.

dari sipora (tuapejat) ke padang:

1. kapal ambu2 setiap hari senin jam 8 malam (jam tergantung cuaca, tp biasanya jam 8).

2. kapal sumber setiap hari sabtu, jam tergantung pasang surut.

3. kapal simasin setiap hari jumat (jam tergantung pasang surut, sy pernah berangkat jam 3 sore sampe muara jam 3 subuh).

4. pesawat (baca info diatas ttg pesawat).

satu hal yg wajib dalam setiap naik kapal adalah minum antimo (bukan iklan lo ya, karena gelombang disini tinggi). Khusus untuk kapal kayu bawa persediaan makanan dan minuman, karena pernah teman sy naik kapal kayu dan mesin mati dijalan, terombang ambing di lautan sampe kehabisan persediaan makanan…

penginapan di mentawai terutama yg resort memang mahal, biasanya bule yg mmg pencari gelombang yg kesini. kalo resort rata2 sekitar >1juta per orang per malam. tapi di tuapejat ada penginapan lumayan murah (300-400rb). ada penginapan bunda (sekitar km 6) dan penginapan turonia (di km.7). disekitar pelabuhan (km.0) juga pernah liat penginapan, tp ga tau harganya brp.

transportasi darat umum di tuapejat sangat terbatas. ada angkot tp hanya di jam2 tertentu saja, pagi saat jam pergi sekolah, siang dan sore…tidak selalu ada. tapi ada ojek yg harganya tergantung harga bbm (disini bbm susah, bisa sampe 17rb perliter….itupun kalo ada persediaannya). sy pernah naik ojek dr pelabuhan ke km.10 bayar 30rb (saat harga bbm 17rb dan gak ada persediaan). tapi ada kok penyewaan sepeda motor di depan bank BPD nagari, ga tau harganya berapaan.

pantai tujuan wisata di tuapejat ada pantai mapadegat di (km.4) dan pantai jati (naik ojek dr pelabuhan sekitar 10 menit), setiap hari minggu ato libur nasional ada banana boat bayarnya per orang 20rb.

tujuan wisata lainnya yg dekat tuapejat, pulau simakakang, nyebrang sekitar 15 menit. pemandangannya sangat indah dgn pantai jernih dan pasir putih. bisa snorkling, tp ga bisa buat surfing. sewa boat (istilah kapal, boat ato long boat ditujukan untuk jenis angkutan air tertentu). sewa kapal sekitar 400rb (kl sy biasanya gratisan…hehehe….), cari penyewaan boat di sekitar pntai jati ato pelabuhan. maaf sy gak punya no kontaknya.

untuk rumah makan bagi yg muslim sebaiknya makan di rumah makan padang sj demi menjaga kehalalan (sekali lg bukan iklan lo ya…hehehe). harga makan pecel lele dan nasi padang sekitar 25ribu sekali makan,

untuk lokasi surfing dan menyelam biasanya dikelola oleh resort, blom banyak transportasi umum yg kesana. lokasi yg terkenal adalah macaroni.

well, begitu saja informasi yg sy punya. semoga bisa membantu teman2 yg mau ke mentawai. karena alamnya yg sgt indah dan bener2 msh original. tp sayang, sy masih jarang ketemu teman2 backpack yg kesini, lebih byk bule wisatawan yg kesini.

salam hangat dari bumi sikerei,

fatmawati ghalib

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>