Tag Archives: backpaker-perjalanan-dari-pantai-losari-ke-roterdam-makassar

[indobackpacker] Wisata d makassar

Dear Mba’ Lenia,

Saya coba bantu, sebelumnya perkenalkan sy Why’ Is domisili di Makassar.

Ada baiknya, kita perjelas dulu tujuan Mba’ Lenia, ngetrip 4 hari ke Makassar (Kota Makassar) atau mau ke Sulawesi Selatan..!!? Kalau ke Makassar, 4 hari dah lebih dari cukup. – Sehari semalam bisa main ke pulau2 sekitar Makassar. Ada beberapa pulau yg boleh dikunjungi antara lain Kodingareng Keke, Lumu2, Kapoposang, dan Lanyyukang/Lanjukang. Pulau2 ini, hanya seru buat diving dan snoorkeling. Ada juga Pulau Samalona. Dipulau ini selain bisa snoorkeling anda juga bisa camping dan biasanya pada pukul 06.00 – 08.00 kita dapat menyaksikan atraksi lumba2 yg entah mengapa selalu rutin berparade di sekitar pulau Samalona pada jam2 segitu. Mengingat anda bawa anak yg masih krucil, Mungkin anda bisa mengunjungi Pulau khayangan. Dipulau ini anda bisa bersantai bersama keluarga, ada kolam renang dan taman bermain untuk anak2 (fasilitas permainannya, cmn sekelas playgroup begitu)

- 2 hari untuk city tour dah cukup. Tuk city tour bisa main ke Trans Studio, Fort Rotterdam, Benteng Sombaopu, Museum kota, Museum Balla Lompoa, Makam Pangeran Diponegoro, Makam Sultan Hasanuddin dan Raja2 Gowa, Makam Syekh Yusuf, Makam Raja2 Tallo, Bungker2 peninggalan Jepang yg baru ditemukan dan dalam proses penggalian. Boleh juga main ke Pantai Akkarena tuk menikmati wisata pantai. Tuk sarana bermain, di pantai ini cmn ada banana boat dan Jetsky. Dan meresapi senja di Pantai Losari. Di Losari anda juga dapat bersepeda, Jogging dan Senam serta menikmati kuliner khas Makassar (cmn ada pada hari Minggu pukul 05.00 – pukul 10.00).

Untuk kunjungan 4 hari di SUL-SEL..!!? Sepertnya cukup mepet… ada pun gambaran tempat menarik yg layak dikunjungi: – Kab. Maros: Objek wisata Bantimurung (sehari dah cukup). Ada air terjun, taman kupu2, Gua mampu. – Kab. Selayar: (Perjalanan bolak-balik butuh 2 hari). Asyik buat snoorkeling dan explore pulau2, ada Atol (Terbesar ke 3 didunia) ada nekara besar berumur ribuan tahun peninggalan zaman perunggu. – Kab. Bulukumba: Ada Pantai Tanjung Bira (kalau cmn kesini, sehari cukup, tapi pasti lelah), Ada desa adat Amma’toa suku Kajang. Suku ini terkenal dengan mistisnya yg luar biasa, kesehari2an penduduknya menggunakan pakain serba hitam. Bisa main ke Tanah beru, tempat para Maestro Pembuat Kapal (Termasuk Perahu Phinisi). Di tempat ini, kapal di buat hanya berdasarkan lekukan kayu yg ada sebagai bahan baku kapal dan tanpa paku, uniknya lagi… tanpa perhitugan rumus2 metode pembuatan kapal (Makanya temen2 Mahasisiwa perkapalan, wajib datang ke tempat ini. Cara Pembuatan kapal Maestro disini, selain bisa bikin pusing.. bakal bikin gregetan dan penasaran hingga akhir hayat. Gw jamin…  karena dah banyak bukti dr temen2 yg pernah gw temani study banding kesini. Heheheh….). Tuk Explore Kab. Bulukumba, 3 hari dah cukup. Sebenernya 2 hari jg bisa, cmn akan sangat melelahkan.

- Kab Gowa: Objek wisata alam Malino. Terletak di daerah ketinggian (suasananya mirip di puncak, tapi masih bagusan puncak dari segi fasilitas). Tempat ini juga disebut kota bunga, karena banyak koleksi flora2 unik. Disini kita bisa berwisata kebun teh sambil mencicipi Juice buah Markisa Makassar yg terkenal. Ada Air Terjun Takapala, yg terletak di dasar lembah. Ada pula air Terjun Bulan yg terletak di Dasar Jurang, untuk sampai ke sini, mesti menuruni tangga seribu yg cukup melelahkan, tapi akan terbayar lunas dengan view elok nan memukau sepanjang perjalanan. Dapat juga bermain di Kawasan hutan lindung. Di tempat ini kita bisa menyaksikan pasukan TNI yg berlatih menembak dan perang gerilya, kita juga bisa bermain airshoot gun, dan berkuda diantara rimbunnya pohon pinus yg menjulang tinggi. Untuk yg suka mendaki, bisa menjajal Guniung Bawakaraeng (kurang lebih 2700 mdpl, kalau gak salah ingat yah…) Bagi masyarakat setempat Gunung ini terkenal mistisnya. Ada suatu kelompok yg meyakini bahwa menunaikan shalat Idul Adha di puncak gunung ini sama dengan menunaikan ibadah haji, kelompok tersebut meyakini bahwa Gunung ini sebagai tempat pertemuan para wali. (Saya juga ga tahu begitu pasti tentang info kongkret gunung ini. Yang saya tahu Gunung Bawakaraeng ini artinya Mulut Tuhan. “Bawa = Mulut”. “Karaeng = Raja atau Tuhan”) Dikaki gunung ini kita bisa menikmati wisata air terjun yg terselip di antara hutan pohon pinus nan indah. Sehari semalam cukup tuk explore kawasan ini (dengan resiko lelah yg lumayan meremukkan tulang), minus pendakian ke Gunung Bawakaraeng yah… – Kab. Tana Toraja: Waduh kalau bahas Tanah Toraja… sepertinya anda bakalan kelelahan tuk membaca tulisan saya. Pokoknya sangat2 Bagus dan layak serta wajib tuk di kunjungi. Mmm… 3 hari cukup tuk menikmati keindahan Tana Toraja.

Sebenarnya seh masih banyak, cmn maaf… saya agak lelah… Lagian juga, waktu anda cukup singkat. Jadi segitu kurasa dah cukup. But, jangan khawatir.. seperti teman2 sebelumnya, sy akan berusaha bantu selama anda liburan ke Makassar or SULSEL. Kalau ada yg kurang jelas, jangan sungkan tuk nanya2, GRATIS kok..!!? Heheheheh…….

Happy Nice Vacation yah… Regards,

Why’ Is

w: www.uwais-alqarni.co.cc Fb: Uwais Al Qarni (Embun Pagi) t: uwais_alq Ym: uwais_alq Skype: Uwais.Al.Qarni HP: +62 81342349877

Dari: aldo

Kepada: “indobackpacker@yahoogroups.com” Dikirim: Senin, 27 Juni 2011 21:40 Judul: Re: [indobackpacker] Wisata d makassar

  Nambahin dikit: trans studio dan air terjun bantimurung di maros.

On 6/27/11, Ivan Sembiring Meliala wrote: > Kalo ke Tana Toraja agak mepet. > > Kalo di Makassar-nya, ada Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, Pulau > Samalona, naik perahu dari Pelabuhan dekat Fort Rotterdam. > > Untuk oleh2, minyak tawon ada di Jalan Somba Opu. > > Kalo yang pantainya bagus ada di Bira, cuman agak jauh. > > > > salam, > > ivan > > > ________________________________ > From: lenia dekananto > To: indobackpacker@yahoogroups.com; Milis femina > > Sent: Monday, June 27, 2011 3:20 PM > Subject: [indobackpacker] Wisata d makassar > > > > Rekans yg baik.. > Saya mau jalan2 ke makassar nih selama 4 hari dengan anak2 saya yg masih > krucil. > Kira kira kalau ke makassar enak nya ngapain aja ya? Dengan waktu yg limited > enak nya rute nya kemana aja ya biar bisa nyakup semua yg seru2…hehehe.. > > This is my first trip to makassar, mohon share nya yaaa… > > Makasih banyaak… > > [Non-text portions of this message have been removed] > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > >