Tag Archives: kapuas-ke-banjarmasin-berapa-jam

tanya info transportasi di kalimantan

Bookmark this category
salam kenal dr banjarmasin mas Budi.,..

coba saya bantu ya…

saya tahu dikit ttg transportasi di kalsel, kaltim n kalteng aja.. kalbar belom pernah kesono…

kalo dr kalteng mau ke kalsel, bisa naik bis, baik dr pangkalan bun (kota terdekat dgn taman nasional tanjung puting).. nah sebelum ke banjarmasin, ada baik nya mampir ke sampit (kalteng). disana ada beberapa objek seperti Pantai Ujung Pandaran, sungai Mentaya yg besarrr, dan tugu peringatan kerusuhan antar etnis beberapa tahun silam di jalan jendral sudirman..

puas di sampit, teruskan naik bis ke kasongan.disana ada Bukit Batu, tempat bersemedi nya pahlawan nasional asal Kalteng, Bp Tjilik Riwut… di kasongan juga ada desa Tumbang Gagu, desa Dayak katingan yg ada rumah betang khas Dayak sana…

lanjut lagi ke arah kota palangka raya,,jangan lupa mampir ke Borneo Orang Utan Survival Nyaru Menteng..masuk gratis, dan saran saya datang pd hari minggu. sempatin juga trip ke Sungai Rungan, ada habitat asli orang utan juga…cuman gak seluas Tanjung Puting di pangkalan bun…

puas di palangkaraya, lanjut aja ke kota Kuala Kapuas, disana ada bbgrapa objek.diantara nya susur sungai dll…

dr kapuas sekitar 1,5 jam ketemu ama Banjarmasin-Kalsel.

di Banjarmasin jangan sampe gak ngunjungin pasar terapung Kuin dan pasar terapung Lok Baintan.sewa kapal antara 100 hingga 125 rb..

susur sungai Barito yg gede itu….

tak jauh dr banjarmasin ada martapura dengan pasar intan dan pendulangan intannya…unik…

dr martapura lanjut ke Kandangan, disana ada Loksado…objek alam kelas wahid di Kalsel…bisa ber bamboo rafting di salah satu sungai cantik di borneo ( sungai dgn air jernis, bukit2, kampung dayak meratus, dll)….

jangan lupa di Loksado utk trek ke desa2 dayak meratus seperti Malaris, Loa Panggang, Waja , air terjun Haratai, air terjun Pemandian anggang… dll

buat kenang2an dr LOksado, bisa bikin gelang simpay khas dayak, cuman 10 ribu aja bikinnya.langsung dianyam ditangan ama orang dayak…

dr Loksado, balik lagi ke kandangan lalu lanjut ke Tanah Grogot Kaltim..disana ada banyak goa2 purba…

lanjut ke Balikpapan (disana ada pantai2, bukit bangkirai, dll)…

lalu lanjut ke samarinda (disana ada desa Dayak Pampang, gak jauh dr samarinda)….di samarinda juga ada air terjun tp gak tahu namanya,,,

kalo punya waktu, maka jangan sampe terlewat menyusuri sungai Mahakam yg tersohor itu dgn kapal sungai sampe ke hulu nya,,,mantab pastinya…

kalo punya waktu main lah ke Bontang, disana ada Pulau Beras basah.. di Sangatta ada Taman Nasional Kutai…

lebih oke lagi lanjut naik bis ke tanjung redeb,,disana ada Pulau Derawan (Kakaban, maratua dll)…surga nya wisata bahari di kalimantan…

sebenarnya masih banyakkkkkkkk wisata alam yg oke2 di bumi Kalimantan,,, cuman sering kendala akses dan waktu aja…jd hanya sebagiannya saja yg bisa di explore oleh backpacker…

contoh nya Kotabaru Kalsel. disana banyak pantai2 dan pulau2 perawan yg oke banget…. seperti Pulau Sembilan, Pulau Haur, Tanjung Seloka dan Pulau Samar Gelap…

soal hotel murah ala backpacker, bener kata mas Aris… di Banjarmasin ada homestay yg sombong ama turis domestik, alias cuman mau menerima tamu dr negara luar…

tp masih banyak kok hotel murah lain yg aman & bersih.. ada yg masih Rp 35 ribu aja…namanya Hotel Niagara…

di Sampit bisa nginep di Hotel Hikmah di tepi sungai Mentaya…cuman 40 ribuan permalam,,

di Palangka Raya bisa nginep di Hotel Panarung samping BCA.cuman 50 rb permalam…

di Loksado bisa nginep di rumah penduduk atau hotel dgn tarif 180 rb..

di samarinda dan balikpapn banyak kok hotel murah yg bersih….

salam

nasrudin ansori http://kalimantanku.blogspot.com “amazing Kalimantan”

— In indobackpacker@yahoogroups.com, budi budi wrote: > > teman teman backpacker, > > februari nanti saya berencana untuk backpacking ke kalimantan. > penginnya mengeksplore seluruh wilayah pulau itu selama satu bulan. > tapi saya masih belum tahu beberapa hal mengenai pulau ini. > barangkali diantara teman teman ada yang bisa memberi saran dan berbagi info? > > 1.adakah transportasi darat/sungai dari pontianak menuju kota di provinsi lain(kalteng,kaltim,atau kalsel?) > 2.berapa kira kira estimasi biaya transportasinya,seandainya bisa ditempuh dengan jalan darat/sungai? > 3.tempat penginapan di pontianak dan kota kota lain yang bisa direkomendasikan untuk budget kelas backpacker(yang murah:)) > 4.tempat2 yang menarik untuk didatangi selain tanjung puting apa saja ya? > > mohon pencerahan dari teman teman.dan seandainya ada teman2 backpacker yang juga punya rencana menjelajah pulau itu,atau malah tinggal di kota itu,mungkin kita bisa say hello dan minum kopi bersama:) > terimakasih.. > > salam dari bali > budigugi >