Tag Archives: penginapan-murah-di-sarangan

bertanya penginapan murah dibawah 100 ribu di jakarta

Bookmark this category
dear all..

saya mau ada rencana 1-2 malam di jakarta, minggu ini, please advice dongg untuk penginapan yang murah dibawah 100 ribu donggg…daerah yg transportnya gampang..:) ota, saya juga butuh advice niy IBPers untuk penginapan ala backpackeran yang murah di bandung..tenkiuuu yakkkkk

[indobackpacker] Belitung Island…

Dear Vero, nambahin aja..
Maret kemarin saya juga baru ke Belitung utk 3hari 2mlm, tp karena cuma berdua, jatohnya agak mahal krn biaya sewa mobil, sewa perahu n penginapan jd cuma dibagi 2…. (abis 700rban per orang, makannya yg mahall)
kami tidur di tempat mba Tiwi nginep juga.. Tanjung Kelayang Cottages.. ambil yg 100rb / mlm (pk fan, ga dpt  breakfast) bersih, langsung pantaiiii.. gatau knp dlm kamar kl mlm dingin bgt..  servisnya bagus.. kami dijemput Rudi, orang penginapannya di airport terus langsung dianter jalan2 seharian sebelum ke cottagenya.. (sewa mobil 250rb, BBM abis 150rb) pas mau pulang ke Jktnya juga dianter ke airport (100rb berdua)
cuma kl mlm ni cottage sepi bgt dah.. garing… kami sih mlm pertama main congklak pinjeman ampe bosen, mlm kedua.. maen congklak lagi.. haha!
tempat-tempat yang bisa dikunjungi; Belitung Timur: -Pantai Burong Mandi n vihara2 di sekitarnya (Dewi Kwam Im, Sun Go Kong) -Bukit Batu -kec. Manggar (makan, jajan2, ngopi2) -kec. Gantong -dll
Belitung Barat -Tanjung Pendam -Bukit Berahu -Tanjung Binga -Tanjung Tinggi -Tanjung Kelayang -Pulau Lengkuas (ini MANTAPP), p. Burung, p. Babi, p. Kelayang (perahu dpt mahall, 400rb dah sama pelampung plus alat snorkeling) -dll
coba aja cari di arsip ibp.. infonya banyak jg ttg Belitung
atau kl mau ngelongok review aku, mampir2 ke www.berbagibersamaopi.blogspot.com kl mau tau rincian biaya perjalanan aku kmrn juga boleh.. kmrn aku bikin detil buat pertanggungjawaban ke kawan seperjalanan.. haha! japri aja kl mau..

selamat bertakjub-takjub ria di Belitung, opi
________________________________ From: Miss Tiwiii Here To: ve milis ; indobackpacker@yahoogroups.com Sent: Friday, April 17, 2009 8:28:47 AM Subject: Bls: [indobackpacker] Belitung Island…

haii vero, kebetulan bgt gw baruu aja minggu kmrn ( 10 – 12 April ) abis dr belitung.. kemaren gw ber3 sama tmn gw abis 500rb aja (udah semua2 semuanya kecuali tiket pesawat ya).. gw nginep di tj.kelayang, cottages gt kalo mau irit elo rame2 sm temen lo aja biar bs patungan. ratenya gw dapet yg 250rb (AC&Breakfast) , ada juga yg pake Fan (150rb kl gk salah), dan ada jg yg buat backpacker 100rb kl gak salah. extra bed 25rb. bisa diliat kok di www.kelayangcottage s.com.. tempatnya enak,bersih, kamarnya gede,nyaman, pas banget depan pantai tj.kelayang yg baguuusss bgt..tapi emang sih airnya yg gk sebagus air jakarta..so far so good lah. saran gw, kl buat sikat gigi mending beli air aqua botol gede aja..kl mau booking, tlp dulu aja (namanya Rudi),soalnya kl high season full (cottages nya cm 8 aja).   sebelumnya gw udah browsing,lor in emg hotel terbagus disitu yg depan pantai,tapiii selain mahal ternyata pas gw liat ksana kok gk sebagus yg digambar ya??? ternyata lor-in gk langsung ke pantai, tp kita kudu nyebrang dulu (kaya hotel harris&hardrock d bali gitu)..alesan lain gw milih d kelayang karena deket kl mau akses k pulau2 d sekitarnya, cukup sewa boat 300rb (bs nego kl pinter) qt bs keliling2 pulau seharian.. best reccomended ; P. Lengkuas (pantainya bagussss bgt), P. Burung & P. Babi.. pokoknya tenang aja,ntr sama bapak2nya qt bakalan dianterin k t4 tujuan.. tempat yg bs dikunjungi : pantai Tj. Tinggi (tempat shooting laskar plangi), pantai tj.berahu, pantai tj. kelayang..selain itu kita bs k daerah manggar yg banyak kopi nya & pantai2 lain d beltim yg bagusss juga..kalo elo sewa mobil&supir, blg aja minta d ajak ke tempat2 bagus dsana..   happy traveling…   .. tiwi ..
____________ _________ _________ __ Dari: ve milis Kepada: indobackpacker@ yahoogroups. com Terkirim: Kamis, 16 April, 2009 23:10:21 Topik: [indobackpacker] Belitung Island…
Haloo salam kenal…
Ada yang udah pernah ke belitung island blomm ? Di sana penginapan yg murah tp bersih di mana.. Terus tmpat2 apa aja yg bs dikunjungi.. .
Thank you ya sebelumnya..
Vero
Firefox 3: Lebih Cepat, Lebih Aman, Dapat Disesuaikan dan Gratis.http: //downloads. yahoo.com/ id/firefox
[Non-text portions of this message have been removed]
Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini! http://downloads. yahoo.com/ id/internetexplo rer/
[Non-text portions of this message have been removed]

[Non-text portions of this message have been removed]

[indobackpacker] Mohon info sangata dan sangkulirang

CMIIW,
tapi waktu saya berkunjung ke kota Sangatta, justru sebailknya, kotanya bagus sekali dan penduduk nya kelihatan nya makmur. Kami tinggal seminggu di batu Putih-Tanjung Bara dan sempet keliling ke Aquatic, Bukit Pelangi, menjelajah tambang batubara Pit J, dll dsb.
Sangatta adalah salah satu kota penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Penduduk nya sekitar 10,000 orang, yang mayoritas adalah karyawan tambang batu bara atau karyawan perusahaan kontraktor supplier alat2 penunjang operasinya Ada Thiess contractor, ada KPC (Kaltim Prima Coal) ada Petrosea, ada Pama, dll dsb. Disepanjang jalan banyak sekali karyawan yang memakai baju2 seragam pertanda mereka bekerja dipertambangan.
Bukit batu baranya amat sangat luas, so pasti ini merupakan devisa negara yang besar karena konon, perputaran uang di salah satu perusahaan disini dalam satu bulannya aja mencapai 10 milyar..berarti sebenernya Indonesia itu kaya banget yah, so kemana aja itu duit sebanyak itu diputerin ? oh well…
Review lengkap mengenai kota Sangatta – Kalimantan bisa dilihat di :

http://deedeecaniago.multiply.com/journal/item/83/Kalimantan_Trip_Sangatta_-_the_mining_city

salam, deedee
________________________________ From: joko santoso To: indobackpacker@yahoogroups.com Sent: Wednesday, March 11, 2009 12:06:49 AM Subject: Re: [indobackpacker] Mohon info sangata dan sangkulirang

Om Heru .. benar sekali. Sangatta (dengan 2 huruf t) akronim dari sangat menderita. Saya dengar nama itu awal 90-an saat sebagai fresh graduate bekerja di Kragilan, Serang, Banten. Setidaknya ada 3 teman seproyek pindahan dari Pertamina Sangatta. Lewat cerita teman-teman itulah gambaran ‘sangat menderita’ itu kebayang. Meski sudah siap mental, saat pindah ke sini 1996 saya terusik oleh 2 cerita ‘horor’. Yang pertama, ‘monster’ Sangatta yang makan manusia. Buaya itu kini diawetkan di museum Tenggarong. Foto-foto (masih analog) saat buaya diotopsi dan perutnya disobek hingga nampak potongan-potongan tubuh yang ditelannya masih saya simpan. Yang kedua, soal isyu manusia yang bersaudara (kembar) dengan biawak. Persaudaraan itu dibuktikan dengan manusia dan biawak itu selalu tidur sekamar. Ada mitos di salah satu komunitas (saya lupa namanya) yang menyebut bahwa setiap manusia lahir ke dunia disertai kembarannya yang berwujud binatang. Celakanya lagi, oleh teman sekantor saya pernah diberi fotonya.
Kisah buaya makan manusia itu terulang lagi sekitar 1999. Yang mungkin mengagetkan bagi orang luar, sungai tempat buaya ini tinggal lebarnya hanya 3 meter. Bayangkan, sungai 3 meter bisa membesarkan buaya hingga sepanjang 4 meter! Serupa dengan cerita monster Sangatta, buaya ini pun bertekuk lutut tak berdaya di depan pawang yang memanggilnya. Kata si pawang, buaya yang pernah makan manusia akan diasingkan oleh komunitasnya. Biaya predator itu akan diisolir. Oleh si pawang, buaya tadi dipanggil dengan perantaraan sebutir telur agar naik ke darat. Begitu naik ke darat, buaya tadi kontan dihabisi ramai-ramai.
Masih soal buaya, saya mendengar cerita yang sedikit mengejutkan. Menurut teman yang mendalami per-buaya-an, buaya itu binatang monogami. Buaya memang tidak seperti burung enggang yang akan tetap sendirian saat ditinggal mati pendamping setianya, tapi setia pada pasangannya. Teman tadi bilang, “Kalau saya dibilang ‘buaya’ saya malah bangga karena artinya saya setia!” Jika benar begitu, ungkapan-ungkapan seperti ‘air mata buaya’, ‘buaya darat’ perlu dipertanyakan kebenarannya. Apakah dulu saat dipopulerkan para pendahulu kita tidak melakukan investigas i? (he-he-he) Atau jangan-jangan buaya di Kalimantan Timur itu sifatnya berbeda dengan buaya di daerah lain?
Sekitar 3 tahun belakangan, atas inisiatif pemda, disosialisasikan nama ‘Sengata’. Kata ini sebenarnya sudah tertera di peta-peta buatan Belanda. Ada yang memelesetkannya dengan ‘semakin sangat menderita’. Benar begitu? Kalau yang ditanya para anggota DPRD pasti jawabannya gelengan kepala (Sangatta buka Bulgaria yang mana gelengan kepala berarti mengiyakan). Jika yang ditanya para sopir atau mereka yang sering mondar-mandir Bontang – Sangatta, jawabannya pasti iya. Untuk menempuh jarak tak sampai 60km, kendaraan roda 4 harus merayap lebih dari 2 jam. Ada badan jalan yang amblas sehingga dibelokkan ke salah satu sisinya. Ada bangunan beton yang dimaksudkan untuk perkuatan dinding (tanggul) jalan tapi patah karena kakinya tidak menginjak tanah keras. Singkat kata, kondisi jalan ‘nggak level’ dengan gembar-gembor Pemda Kutim.
Kondisi jalan Sangatta – Bontang jauh lebih buruk ketimbang 10 tahun lalu saat belum diaspal! Dulu di beberapa tempat, karena jalan ini memang memotong Taman Nasional Kutai, terpasang rambu ‘awas hewan melintas’. Setelah diaspal (berkali-kali dan tetap terus rusak), hewan-hewan yang akan melintas itu mengungsi karena terusir oleh manusia. Seperti yang ditulis Kompas, sisi negatif dari jalan raya di Kalimantan adalah memudahkan akses untuk menjarah kekayaan alam. Tentang buruknya kondisi jalan, itu hanya salah satu efek buruk dari otonomi daerah (mungkin lebih tepat ‘autotomi’). Status jalan itu adalah jalan nasional. Tanggung jawab pemeliharaannya ada di pundak Pemerintah Pusat. Pernah saya tanyakan ke orang Bina Marga, “Mengapa jika jalan pantura lecet sedikit saja orang bingung, sementara jalan yang nyaris putus di propinsi yang kaya sumber daya alam dibiarkan saja?” Jawabnya, “Karena dari jalan itu nyaris tak ada revenuenya!”
Salam dari Sangatta 11-Maret-2009

____________ _________ _________ __ From: R. Heru Hendarto To: kika aninditya Cc: indobackpacker@ yahoogroups. com Sent: Tuesday, 10 March 2009 10:11:14 Subject: Re: [indobackpacker] Mohon info sangata dan sangkulirang
Dear Kika,
Seperti halnya daerah-daerah lain yang di Kalimantan, hutan hujan tropisnya sangat lebat dan sukar ditembus. Apalagi TNK Sangkima, jalan lain untuk akses dipastikan hanya jalan peladang dan pencari kayu serta pemburu. Saya pernah masuk ke daerah penambangan Indominco di Bontang, trus belok kanan masuk lagi ke sitenya Kitadin-Tandung Mayang, dari situ ada akses masuk ke TNK namun hanya dilakukan oleh para pemburu (jalan setapak-semak belukar). Namun jelas jalur itu tidak bisa digunakan oleh orang yang tidak mendapat izin, kecuali mau masuk hutan menelusuri pinggiran tambang.
TNK Sangkima memang sangat menarik untuk dijelajahi.. . namun bagi saya ada tiga yang benar2 menarik : 1. Rumah pohonnya (udah ambruk belum?) 2. Jembatan gantung di atas sungai yang udah jebol sling-nya (kalo jalan tegak yang badannya tinggi bisa keplintir dan kecebur, seru). 3. Batu bara yang tersingkap di situ ups, he he he (mudah2an ga jadi ya ide menggeser batas TNK dari PemKab sehingga bagian itu bisa ditambang secara legal) Gua Lubang Angin pernah dengar, hanya belum tahu akses ke sana. Sepertinya mesti persiapan deh karena seharusnya medannya cukup berat. Kalo medannya ringan pasti aku pernah dengar ceritanya dari teman yang udah pernah ke sana. Kalau gua, yang ngetop sepertinya gua yang di daerah Muara Wahau.
Spot snorkeling atau diving sepertinya hanya ada di sekitar Tanjung Bara areal port KPC. Kan KPC punya kelompok diving, seingatku pas ke sana (Aquatic), speedboatnya mangkal di situ jadi seharusnya lokasinya dekat-dekat situ. Lagipula posisi port biasanya diambil di daerah dengan kedalaman laut terbaik, kalo di Sengata kan pinggir pantainya lebih banyak berlumpur dan berbakau. Nah, kalo pede gak tanya2 orang sana dan maen cebur snorkeling dan diving, bisa-bisa ditemenin buaya Sengata yang terkenal ganas. Kata teman yang asli Sangkulirang, pantai di Sangkulirang (pulau Birah?) bersih dan berpasir, mungkin saja ada spot yang indah di situ. Juga menurut temanku itu di sana banyak penyu hijau,sayang dulu cuma bisa lewat Sangkulirang kota dalam perjalanan ke Pengadan. Kalau tempat lain belum tahu kalau di Teluk Lombok-Pertamina bagaimana kondisinya, mungkin di seputaran Bontang ada ya.
Pak Joko, sepertinya tinggal di Panorama. Dulu, dulu ni sebenarnya saya tetanggaan dengan beliau, mungkin hanya beda 4 rumah tapi karena beda RT dan waktu itu belum tahu beliau (baru kenal setelah pindah dari sana, itupun di milis ini) jadinya belum pernah ketemu (Ampun Pak Joko! he he). Pas Gathering IBP Jakarta lalu ketemu juga dengan Mas Hendra, dulu di Fluidcon Jaya tapi sekarang sepertinya sudah tidak di sana.
Info tambahan, berhubung nama SANGATTA yang dahulu digunakan identik dengan SANGAT MENDERITA maka diubahlah nama tersebut menjadi SENGATA oleh PemKab. Artinya Sengata kalo tidak salah adalah sungai (SENG) dan kucing kecebur (ATA). Lah, masih sama2 menunjukkan tema penderitaan tho? Kalo yang dulu orang yang menderita, sekarang kucing :D .
Salam
RHH