Tag Archives: syarat-buat-visa-ke-india

Paspor basah masih bisa digunakan ?

hi emyauli, saya pernah mengalami persis seperti ini. yang luntur cuma tandatangan si kepala imigrasi aja. hasilnya? saya ditahan di airport bandung, nggak dibolehin pergi ke singapore. setelah membujuk2 dan bilang kalau saya akan menanggung semua resikonya (misalnya, nggak dibolehin masuk ke singapore oleh pihak imigrasi sana), akhirnya saya diloloskan dan boleh terbang. untungnya di imigrasi SG nggak ada masalah, walaupun hati deg-deg-ser banget.

pulang2 dari singapore, saya langsung ganti paspor baru hehe.. tapi karena paspor dianggap rusak karena kelalaian, jadinya saya harus bayar denda (kalo nggak salah 400ribu, cmiiw) dan harus bolak-balik ke kantor kanwil segala untuk bikin BAP.

nah, berhubung kamu tinggal 2 hari berangkat, kayaknya sih nggak keburu ya kalo bikin paspor baru. mungkin bisa dicoba cara saya itu (semoga petugasnya gampang dibujuk dan pihak imigrasi LN nggak rese).

-uliel-