Tag Archives: transportasi-di-kalimantan

tanya info transportasi di kalimantan

Bookmark this category
salam kenal dr banjarmasin mas Budi.,..

coba saya bantu ya…

saya tahu dikit ttg transportasi di kalsel, kaltim n kalteng aja.. kalbar belom pernah kesono…

kalo dr kalteng mau ke kalsel, bisa naik bis, baik dr pangkalan bun (kota terdekat dgn taman nasional tanjung puting).. nah sebelum ke banjarmasin, ada baik nya mampir ke sampit (kalteng). disana ada beberapa objek seperti Pantai Ujung Pandaran, sungai Mentaya yg besarrr, dan tugu peringatan kerusuhan antar etnis beberapa tahun silam di jalan jendral sudirman..

puas di sampit, teruskan naik bis ke kasongan.disana ada Bukit Batu, tempat bersemedi nya pahlawan nasional asal Kalteng, Bp Tjilik Riwut… di kasongan juga ada desa Tumbang Gagu, desa Dayak katingan yg ada rumah betang khas Dayak sana…

lanjut lagi ke arah kota palangka raya,,jangan lupa mampir ke Borneo Orang Utan Survival Nyaru Menteng..masuk gratis, dan saran saya datang pd hari minggu. sempatin juga trip ke Sungai Rungan, ada habitat asli orang utan juga…cuman gak seluas Tanjung Puting di pangkalan bun…

puas di palangkaraya, lanjut aja ke kota Kuala Kapuas, disana ada bbgrapa objek.diantara nya susur sungai dll…

dr kapuas sekitar 1,5 jam ketemu ama Banjarmasin-Kalsel.

di Banjarmasin jangan sampe gak ngunjungin pasar terapung Kuin dan pasar terapung Lok Baintan.sewa kapal antara 100 hingga 125 rb..

susur sungai Barito yg gede itu….

tak jauh dr banjarmasin ada martapura dengan pasar intan dan pendulangan intannya…unik…

dr martapura lanjut ke Kandangan, disana ada Loksado…objek alam kelas wahid di Kalsel…bisa ber bamboo rafting di salah satu sungai cantik di borneo ( sungai dgn air jernis, bukit2, kampung dayak meratus, dll)….

jangan lupa di Loksado utk trek ke desa2 dayak meratus seperti Malaris, Loa Panggang, Waja , air terjun Haratai, air terjun Pemandian anggang… dll

buat kenang2an dr LOksado, bisa bikin gelang simpay khas dayak, cuman 10 ribu aja bikinnya.langsung dianyam ditangan ama orang dayak…

dr Loksado, balik lagi ke kandangan lalu lanjut ke Tanah Grogot Kaltim..disana ada banyak goa2 purba…

lanjut ke Balikpapan (disana ada pantai2, bukit bangkirai, dll)…

lalu lanjut ke samarinda (disana ada desa Dayak Pampang, gak jauh dr samarinda)….di samarinda juga ada air terjun tp gak tahu namanya,,,

kalo punya waktu, maka jangan sampe terlewat menyusuri sungai Mahakam yg tersohor itu dgn kapal sungai sampe ke hulu nya,,,mantab pastinya…

kalo punya waktu main lah ke Bontang, disana ada Pulau Beras basah.. di Sangatta ada Taman Nasional Kutai…

lebih oke lagi lanjut naik bis ke tanjung redeb,,disana ada Pulau Derawan (Kakaban, maratua dll)…surga nya wisata bahari di kalimantan…

sebenarnya masih banyakkkkkkkk wisata alam yg oke2 di bumi Kalimantan,,, cuman sering kendala akses dan waktu aja…jd hanya sebagiannya saja yg bisa di explore oleh backpacker…

contoh nya Kotabaru Kalsel. disana banyak pantai2 dan pulau2 perawan yg oke banget…. seperti Pulau Sembilan, Pulau Haur, Tanjung Seloka dan Pulau Samar Gelap…

soal hotel murah ala backpacker, bener kata mas Aris… di Banjarmasin ada homestay yg sombong ama turis domestik, alias cuman mau menerima tamu dr negara luar…

tp masih banyak kok hotel murah lain yg aman & bersih.. ada yg masih Rp 35 ribu aja…namanya Hotel Niagara…

di Sampit bisa nginep di Hotel Hikmah di tepi sungai Mentaya…cuman 40 ribuan permalam,,

di Palangka Raya bisa nginep di Hotel Panarung samping BCA.cuman 50 rb permalam…

di Loksado bisa nginep di rumah penduduk atau hotel dgn tarif 180 rb..

di samarinda dan balikpapn banyak kok hotel murah yg bersih….

salam

nasrudin ansori http://kalimantanku.blogspot.com “amazing Kalimantan”

— In indobackpacker@yahoogroups.com, budi budi wrote: > > teman teman backpacker, > > februari nanti saya berencana untuk backpacking ke kalimantan. > penginnya mengeksplore seluruh wilayah pulau itu selama satu bulan. > tapi saya masih belum tahu beberapa hal mengenai pulau ini. > barangkali diantara teman teman ada yang bisa memberi saran dan berbagi info? > > 1.adakah transportasi darat/sungai dari pontianak menuju kota di provinsi lain(kalteng,kaltim,atau kalsel?) > 2.berapa kira kira estimasi biaya transportasinya,seandainya bisa ditempuh dengan jalan darat/sungai? > 3.tempat penginapan di pontianak dan kota kota lain yang bisa direkomendasikan untuk budget kelas backpacker(yang murah:)) > 4.tempat2 yang menarik untuk didatangi selain tanjung puting apa saja ya? > > mohon pencerahan dari teman teman.dan seandainya ada teman2 backpacker yang juga punya rencana menjelajah pulau itu,atau malah tinggal di kota itu,mungkin kita bisa say hello dan minum kopi bersama:) > terimakasih.. > > salam dari bali > budigugi >

Butuh bantuan informasi tentang Lasem

Hello teman-teman di indobackpacker,
Adakah teman-teman yang pernah mengunjungi Lasem, sebuah kota di pesisir utara Jawa Tengah? Boleh dong, di share pengalamannya tentang tempat-tempat bersejarah yang harus dikunjungi disekitar Lasem – selain batik tentunya – dan tentunya tempat penginapan.
terimakasih banyak!
Rini

[indobackpacker] Re:Planning ke Gn. rinjani

Daer All,
Kebetulan sy sdh prnh ke Gn.Rinjani 3726 mdpl pada liburan lebaran thn 2007, sekitar smingguan ada di Lombok (tgl 15 s.d 21 Okt 2007) Menuju ke Puncak Rinjani ada 2 jalur, yaitu lwt Sembalun & Senaru. Saat itu kami lebih memilih brkt lwt Sembalun, dg prtimbangan bila lwt Senaru ktmu Danau Segara Anakan 2000 mdpl pasti ssampai dsana akn keenakan memancing shg malas bila mau ke puncaknya…
Stlh kami mnyelesaikan retribusi & lapor di pos masuknya (Sembalun) perjalanan dmulai, rute ini mlewati pos 1, pos 2, pos 3, & brakhir di Plawangan Sembalun, ke empatnya memakan wkt sharian bila start di pagi hari, & akn smpai di Plawangan Sembalun sore harinya. Spanjang prjalanan mlewati jalur yg panjang ttp datar, & cuaca lebih panas krn melalui padang savana yg terik dmana sgt jarang dtemukan pohon besar utk brteduh (suhu dingin ttp radiasi matahari lgs membakar kulit). Sunblok krem sgt dianjurkan.
Plawangan Sembalun, adlah camp terakhir sblum ke Puncak. Summit Attack biasa dilakukan pada jam 3 dinihari utk mencari momen matahari terbit di Puncak Rinjani & menghindari angin kencang di siang hari. Perjalanan menuju Puncak tergolong lumayan berat krn hrs meniti di bibir kawah dg kondisi medan pasir, batu, tanah. Ketinggian terakhir sblum smpai Puncak hrs ditempuh dg susah payah, krn satu langkah maju diikuti setengah langkah turun (terperosok batuan kerikil). Buat highlander – ini tempat yg paling menantang dan disukai krn beratnya medan terbayar dgn pemandangan alamnya yg indah. Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen-Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat jelas saat cuaca bagus di pagi hari.
Bila ingin ke Segara Anakan hrs kembali ke Plawangan Sembalun dulu, kmudian mngambil jalur ke kiri yg ke arah Danau, jika ambil kanan kembali turun ke Pos Pendakian Sembalun. Bila pagi harinya brkt ke Puncak, kmudian lanjut ke Danau, kira2 sampai di Danau sore hari mnjelang maghrib. Di Danau ini kita bisa berkemah, mandi di danau atau sambil memancing ikan (Carper, Mujair). Bisa jg berendam di kolam air panas yg ada di dekat Danau, yummy pokoknya.. Paling enak bila kita bs mnyiapkan wkt sharian dsana.
Dari Danau Segara Anakan bila ingin pulang melewati dulu Plawangan Senaru, dg kondisi jalan terjal full track keatas, Pos 3, Pos 2, Pos 1, baru sampai Gate Senaru. Posisi Danau yg berada dbawah memaksa kita utk jalan menanjak lg bila ingin kluar dr situ. Pada intinya perjalanan ke Rinjani bs dtempuh krng lebih 3 hari, bs lebih bila kita ingin stay di Danaunya. Bila ingin bantuan porter u mngangkut barang2 bawaan kita, jgn kuatir karena di 2 kaki desa itu byk sekali mnawarkan jasa porter penduduk stempat, dg tarif murah meriah. Selain hebat membawakan barang, biasanya jasa porter itu sdh trmasuk paket memasakkan utk tamunya, & jasa keamanan slama di lokasi.
Demikian info dr sy, mhn maaf bila trlalu pjng uraiannya, bila wkt liburannya msh trsisa jgn lupa mampir ke Gili Trawangan jg, wisata pantai alternatif dr Senggigi, djamin liburannya makin tak trlupakan. Slamat berlibur & smoga lancar…
Salam, diahayu